Posted by : Rendra Muharram Rabu, 03 Oktober 2012

Musik POP adalah musik yang sangat populer. Semua orang mulai dari anak-anak hingga lansia pasti tahu tentang aliran musik yang satu ini, khususnya kalangan remaja. Setelah saya amati musik POP memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dibandingkan dengan aliran musik yang lain. Diataranya adalah:

  • Kelebihan
  1. Musik POP terbilang instan karena lagunya mudah dipahami.
  2. Musik POP sangat populer dan banyak diketahui oleh orang awam sekalipun.
  3. Sebuah band yang memainkan aliran ini akan terkenal karena musik POP mudah disukai oleh kalangan remaja.
  • Kekurangan
  1. Banyak bermunculan artis POP baru yang bisa dibilang 'numpang lewat' atau SLB (Satu Lagu Bubar).
  2. Band yang memainkan POP, kemampuannya terbilang standar. Sekalipun secara individual teknik bermain musiknya hebat, tidak akan berguna (seperti dibatasi) karena musik POP memainkan musik yang 'gitu-gitu aja'.
  3. Para pendengar mudah bosan dengan 1 lagu POP. Misalnya si A senang lagu 123, setelah sekitar seminggu mendengarkannya dia merasa bosan karena terkesan monoton. Kemudian dia menemukan lagu POP yang lain, yang berjudul 456 dan akhirnya dia menyukainya. Dan begitu seterusnya. (memang tidak semua lagu seperi itu)
  4. Para artis POP entah band, penyanyi solo, atau boyband/girlband, terbilang tidak begitu memperhatikan kualitas. Karena kebanyakan mereka hanya bermodalkan wajah tampan atau cantik, dan ironisnya lagi banyak yang menyukainya tanpa melihat dari sisi kualitasnya.
Dengan adanya artikel ini, bukan berarti saya membenci musik POP, saya hanya khawatir dengan dunia musik di Indonesia saat ini. Saya hanya ingin menyadarkan para kaula muda untuk lebih memprioritaskan kualitas daripada aspek lainnya. Untuk apa? Supaya standar musik Indonesia dapat meningkat di pentas dunia.

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. bukan kah ini dampak musik pop?

    BalasHapus
  2. boyband/girlband, terbilang tidak begitu memperhatikan kualitas. Karena kebanyakan mereka hanya bermodalkan wajah tampan atau cantik, => apa maksud anda dengan ini? Apa anda mengenal KPOP? Asal anda tahu saja ya, disana kalau mau jadi artis gak gampang. Mereka yang ingin jadi artis harus melewati masa traine. Bukan main itu lamanya masa traine(memang ada yang hitungan bulan, tapi itu karena kualitasnya jempol, gak sembarangan). juga disana NILAI RAPORT terus dipantau/? mana mau AGENCYnya malu gegara artisnya yang BODOH. jadi selama masa traine jika ada yang nilainya turun atau rendah, yaudah tanpa segan sang traine dikeluarkan dari AGENCY. disana urusan tampang itu nomor kesekian, yang terpenting itu BAKAT.

    jadi mas/mbak, kalau mau buat artikel semacam ini, lebih baik "kenali musuh sebelum berperang"

    BalasHapus

Followers

Pengunjung

Popular Posts

- Copyright © 2013 Kurang Lebih -Metrominimalist- Powered by Blogger